Gambar Slide Show

Senin, 09 Oktober 2017

Gowes di Kota Pahlawan

       Surabaya merupakan kota yang terkenal panas dan banyak polusi di Jawa Timur. Hal itu dikarenakan banyaknya aktifitas pabrik dan padatnya jalanan hingga mancet pada pagi dan sore hari. Sehingga masyarakat merasa jenuh, karena tidak ada tempat wisata alam untuk melepas penak dari panasnya ibukota. Mulai tahun 2012 di galakan penghijauan dijalan raya dengan menanam pohon disekeliling atau tepi jalan. Selain itu dibentuklah dinas yang mengurusi dan merawat taman-taman kota. Setiap hari minggu rutin diadakan car free day terutama di daerah taman Bungkul yang menjadi sasaran berkumpul kaum muda mudi, berbagai Komunitas, mahasiswa, maupun acara-acara sosial masyarakat.

Banyak juga komunitas sepeda yang hadir dan berkeliling kota. Tepat baru yang banyak adalah wisata hutan mangrove yang terletak di jalan Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Tampat yang sejuk, asri, masih hijau jauh dari polusi, jauh dari kebisingan kendaraan dan tempat yang tepat untuk bersepeda. 

Track bersepeda yang masih alami dikelilingi pohon mangrove menjadi days tarik tersendiri bagi bikers Surabaya. Seperti halnya saya pada waktu weekend bersama teman² mulai selepas pukul 5 pagi beranjak gowes ke wisata hutan mangrove. Disana juga sudah disediakan fasilitas seperti toilet, warung makanan dan minuman, penyewaan perahu, perpustakaan mini, dan tempat jalan² disekitar mangrove. Hanya saja ada sedikit Japan makadam/bebatuan sepanjang 500 meter yang membuat sedikit tidak nyaman bila bawa sepeda.

Sepulang dari mangrove bila ke arah Semolowaru bisa melewati jalan pintas dengan menaiki getek (perahu kecil untuk penyeberangan) melewati sungai Semolowaru (utara jembatan Midle Eat Ring Road). Sekali naik untuk sepeda roda dua dikenakan tarif 2 rb. sedangkan mobil 10-15 rb. Ya meskipun hanya sebentar tapi seru bisa naik perahu. Heheee... 😁 

Kalau mau ikut bersepeda bareng mahasiswa juga ada komunitas ITS Bersepeda. Disana anggotanya dari mahasiswa yang kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau dari kampus lain atau masyarakat lainnya untuk ikut. Karena setiap 2 minggu sekali ada gowes atau night ride ke tempat tertentu di kota Surabaya baik ke mall, pameran², ke tempat pas ada event² tertentu, dan masih banyak lagi. Kemarin waktu pertama Kali ikut night ride aku mengajak teman² kuyg kuliah di unair biar meramaikan dan menggalakkan kebiasaan bersepeda. 

Banyak tempat yang bisa dikunjungi, tergantung kesepakatan di WA grup serta usulan² dari teman² lainnya. Meski caek tapi seru bisa gowes bareng, dapat trman baru, bisa sehat, dan refreshing otak. Hehee berikut foto² keseruan kami waktu gowes malam hari. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Video