Gambar Slide Show

Minggu, 26 November 2017

Hewan yang Amat Berjasa Bagi Keluarga Saya.

Berbicara mengenai hewan piaraan, sebenarnya banyak jenis hewan yang ingin aku pelihara, terutama jenis burung. eitts bukannya mau bikin kebun binatang, hehee... Kenapa saya pilih burung? karena burung merupakan hewan yang bisa berkicau, dan sebagai pengobat kejenuhan. Suasana dirumah jadi semakin ramai, serasa hidup didesa yang masih banyak hewan atau burung-burung berkicau di pagi hari. Alasan itulah yang membuat saya ingin memelihara burung.

Kembali ke 30DWC (30 Days Writting Challenge) hari ke 3 mengenai apa saja 3 teratas hewan peliharaanmu? Karena saya tidak memiliki hewan piaraan seperti yang biasa orang lain piara misal humster, jenis burung, reptil, kucing, anjing, dll. Jadi saya memilih hewan peliharaan saya yang ada di desa dan sudah saya pelihara sejak kecil adalah
Sapi
Kenapa kok sapi? saya adalah keluarga petani, hidup bergantung pada hasil alam, dimana kalau alam bersahabat bisa menanam 2 kali masa padi, sebaliknya bila alam tidak mendunkung hanya bisa menanam satu masa tanam padi dan dua kali masa tanam jagung selama satu tahun. Melanjutkan pertanya diatas, sebenarnya hewan ini adalah hewan andalan keluarga para petani, hewan yang secara tidak langsung berfungsi sebagai bank sementara, sebagai tabungan sementara. karena hasil dari bertani hanya bisa untuk menyambung hidup dan sisanya dijual untuk kebutuhan sehari-hari dan lainnya disisihkan untuk memulai bercocok tanam lagi. Sapi inilah yang menjadi harapan satu-satunya yang bilamana ada kebutuhan mendadak dalam jumlah besar bisa langsung dijual. itulah kenapa saya bilang sapi bisa menjadi sebuah bank penyimpan uang. Saya pernah dikasih ayahku anak sapi dan saya berinama "suro" diambil karena lahir hari selasa dan ditanggalan jawa bulan suro. Hewan jantan itu saya rawat dan saya carikan pakan setiap pulang sekolah dan diwaktu libur sekolah biasanya pagi hari sehingga siang bisa langsung dikasih makan. Hingga akhirnya karena kebutuhan masuk kuliah si suro pun harus rela dijual.
Kambing
Hewan ini adalah hewan yang yang cerewet, lapar sedikit bilang mbeeek,... mbeeekk. heheee saat lapar biasanya jam 1 siang pasti sudah mulai bernyayi. Sehingga para petani harus pulang disiang hari dengan membawa pakan kambing agar hewan peliharaannya tidak kelaparan. Sekalian pas pulang bisa istirahat sebentar sebelum mulai beraktifitas lagi di sawah. dan kembali ke sawah lagi sekitar pukul 2 siang. Kambing juga berfungsi sama dengan sapi, karena untuk membackup kebutuhan yang tidak terlalu besar. Sesuai harga kambing kisaran 500 rb keatas jadi bisa untuk menutup kebutuhan biaya mendadak yang tidak terlalu besar.
Ayam
Waduuh malah ayam ya,. hehehee awalnya punya beberapa ayam betina kemudian bertelur,kadang-kadang beberapa telur untuk lauk, tapi tidak semua dijadikan telur goreng, hanya diambil satu atau dua saja kok. sisanya biar dikerami induk ayam agar menetas. Selepas menetas ternyata ada yang jantan, akhirnya ketika sudah gede di rawat betul hingga menjadi pejantan tangguh. wkwkwk,,.. :D
Sedangkan untuk yang betina bila kebutuhan mendadak untuk syukuran atau acara labuh sawah (acara syukuran sebelum memanen padi atau jagung disawah).
Itulah 3 hewan peliharaan teratas yang super bermanfaat. Meski belum jumlahnya tidak banyak tapi hewan tersebut sangat membantu bagi para petani.
Oh iya satu lagi saat ini saya juga memelihara ikan hias di akuarium yang ada di kontrakan. Karena ada akuarium kosong dari pada tidak berfungsi saya belikan ikan dan perlengkapan seperti pompa air  dll, untuk penataan isinya masih sederhana, rencana sedikit demi sedikit ditata ulang agar susananya di dalam akuarium lebih hidup.

#Days3
#30DWC

1 komentar:

My Video